Ad Code

Responsive Advertisement

Cara Menyimpan Script Pada Postingan Blog Dengan Bingkai/Kotak Scroll

Pada kesempatan ini saya akan sedikit berbagi mengenai cara menyimpan script pada postingan blog dengan menggunakan bingkai atau kotak scroll. Bagi mereka yang ingin berbagi mengenai script, sebenarnya tinggal di ketik secara manual pada postingan artikel.
Pernahkah melihat dalam postingan ada bingkai seperti gambar di atas? ya benar, itu adalah kotak scroll. Biasanya digunakan jika kita mau menyimpan script yang terlalu panjang. Jadi pengunjung blog tinggal menggulirkan scroll tersebut untuk melihat semua script yang ada.

Di samping untuk memperpendek atau meringkas script, kotak scroll ini juga dipakai agar postingan lebih teratur dan lebih enak di pandang. Dan kotak scroll ini juga digunakan sebagai pembeda antara tulisan artikel dengan tulisan script.

Ada yang menyebutkan bahwa scrollbal merupakan sebuah kontrol penggulung yang berada pada sisi jendela atau bingkai. Scrollbar ini ada dua jenis yaitu scrollbar horizontal dan scrollbal vertikal. Kedua jenis scrollbar tersebut fungsinya sama yaitu untuk menggulung teks, hanya yang membedakan arahnya saja. Scrollbar vertikal untuk menggulung dengan arah atas dan bawah sedangkan scrollbar horozontal untuk menggulung teks ke kiri atau kanan.

Untuk membuat kotak scroll ini cukup mudah, tidak perlu keahlian khusus karena disini saya akan memberikan kode scriptnya. Urutan pembuatan kotak scroll adalah sebagai berikut:

  1. Buka blog
  2. Masuk ke beranda
  3. Buat entri baru (sebagai mana kita akan membuat artikel)
  4. Ketik artikel sesuai yang akan anda bahas, ketika mau memasukan script copy paste script di bawah ini pada element "HTML". Kalau tadi kita ngetik artikel elemen tersebut harus berada pada elemen "Compose" sedangkan untuk menyimpan kode kotak scroll harus pada element "HTML".

<div style="border: 1px solid #000000; height: 50px; overflow: auto; padding: 5px; width: auto;">KODE SCRIPT</div>

Ganti tulisan yang berwarna merah dengan kode script yang mau anda simpan. Kita juga dapat mengatur tinggi dari kotak scroll tersebut dengan cara mengganti tulisan yang berwarna biru.

Contohnya seperti pada gambar di bawah ini :

Ini hanyalah contoh penyimpanan script pada kotak scroll pada sebuah blog. Untuk membuat kotak scroll ini cukup mudah, tidak perlu keahlian khusus karena disini saya akan memberikan kode scriptnya. Urutan pembuatan kotak scroll adalah sebagai berikut:
  1. Buka blog
  2. Masuk ke beranda
  3. Buat entri baru (sebagai mana kita akan membuat artikel)
  4. Ketik artikel sesuai yang akan anda bahas, ketika mau memasukan script copy paste script di bawah ini pada element "HTML". Kalau tadi kita ngetik artikel elemen tersebut harus berada pada elemen "Compose" sedangkan untuk menyimpan kode kotak scroll harus pada element "HTML"
 Di poskan oleh infosekolahsaya.blogspot.com

Setelah selesai membuat artikel, simpan dan publikasikan.
Demikian cara membuat kotak scroll pada postingan blog sebagai tempat menyimpan script.



Post a Comment

0 Comments

Recent Posts